• Selamat Datang Di Website Kecamatan Tanah Grogot
Selamat Datang Di Website Kecamatan Tanah Grogot1 2 3 4

images

Warna Air Sungai Kandilo Berubah Kehijauan Hebohkan Warga

TANAH GROGOT - Perubahan warna air sungai seminggu terakhir pada aliran sungai Kandilo yang biasa berwarna coklat susu menjadi warna kehijauan menghebohkan warga Kabupaten Paser.

Air berwarna kehijauan jelas terlihat di sepanjang sungai di tepian siring Kandilo. Kondisi sungai yang dianggap tak wajar itu banyak diabadikan oleh warga dengan memposting di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Achmad Safari mengaku pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait perubahan warna air Sungai Kandilo.

“Saat ini kami masih meneliti perubahan warna air tersebut,” kata Achmad Safari saat dikonfirmasi di Tanah Grogot, Minggu (5/1/2020).

Dia menjelaskan, pergerakan sifat air yang sangat dinamis dari hulu ke hilir menjadi penyebab pihaknya kesulitan mendeteksi sumber asal perubahan warna tersebut.

“Ketika tim kami menyusuri aliran sungai cukup mengalami kesulitan mencari sumber awalnya,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Dia mengajak warga untuk memberikan informasi terkait lokasi desa paling hulu yang melihat fenomena perubahan air sungai tersebut.

“Kami juga minta tolong informasi desa mana saja yang dilewati fenomena air sungai seperti itu, sehingga dapat diketahui dan dicari sumber penyebabnya di desa tersebut,” tuturnya.

Disinggung apakah perubahan warna air sungai Kandilo ini terkait dugaan pencemaran, Achmad Safari belum bisa memastikan.

“Kita pastikan dulu asal dan penyebab kondisi warna airnya bisa berubah,” tuturnya.

Untuk saat ini, Dia mengimbau apabila ada warga mengeluh sakit akibat mengkonsumsi air sungai yang berubah warna tersebut agar segera menuju fasilitas kesehatan terdekat. 


TAG

Dipost Oleh KecTGT

admin kecamatan tanah grogot

Tinggalkan Komentar